Sabtu, 16 Juni 2012

BAKPIA PATHOK 25 MAKANAN KHAS JOGJAKARTA



BAKPIA PATHOK 25 MAKANAN KHAS JOGJAKARTA
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan
Osen pengampuh : A. Yudi Yudiarto
Sadhar.JPG
Anggota kelompok 4 :
Hotdianto sinaga, NIM : 082214042


Program Manajemen
Fakultas Ekonomi
Universitas Sanata Dharma
Yogyakarta
2010







1.      PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang masalah




1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah sebagai berikut
1.      Bagaimana awal bisnis Bakpia pathuk 25?
2.      Bagaimana cara prodiksi Bakpia pathuk 25 yang baik?
3.      Apa yang dilakukan Bisnis Bakpia pathuk 25 dalam menghadapi bisnis bakpia pathuk lainnya?
4.      Bagai mana cara pemasaran yang dilakukan bisnis bakpia pathuk 25?
5.      Apa?
6.      Apa kiat sukses dan apa saja ketrampilan yang dimiliki bisnis bakpia pathuk 25?
1.3 Tujuan penulisan
1.      Mengetahui bagaimana awal bisnis bakpia pathuk 25.
2.      Mengetahui bagaimana cara pengolahan bakpia pathuk 25 yang baik
3.      Mengetahui apa yang dilakukan bisnis bakpia pathuk 25 dalam menghadapi bisnis bakpia pathuk lainnya.
4.      Mengetahui bagai mana cara pemasaran yang dilakukan bisnis bakpia pathuk 25.
5.      Mengetahui Apa yang meyakinkan bisnis bakpia pathuk 25 ini, sehingga dapat bertahan lama dan masih diminati para masarakat maupun para pendatang dari luar jogja.
6.      Mengetahui Apa kiat sukses dan apa saja ketrampilan yang dimiliki bisnis bakpia pathuk 25.






B. KAJIAN KUSUS
2.1 Awal Bisnis Bakpia Pathuk
           Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau. Selain itu pula bakpia mulai diproduksi di kampung Pathuk Yogyakarta, sejak sekitar tahun 1948. Waktu itu masih diperdagangkan secara eceran dikemas dalam besek tanpa label, peminatnya pun masih sangat terbatas. Proses itu berlanjut hingga mengalami perubahan dengan kemasan kertas karton disertai label tempelan.
Pada tahun 1980 mulai tampil kemasan baru dengan merek dagang sesuai nomor rumah, diikuti munculnya bakpia-bakpia lain dengan merek dagang nomer berlainan. Demikian pesatnya perkembangan "kue oleh-oleh" itu hingga mencapai booming sejak sekitar tahun 1992.
Produksi bakpia yang dilakukan oleh bapak Arlen Sanjaya (Bp Arlen Sanjaya adalah generasi penerus pembuat Bakpia Pathok 25 yang dahulu berasal dari bisnis keluarga) setiap harinya tidak tetap karena produk yang kami buat "Selalu Baru danHangat".
Perusahaan Bakpia Pathuk "25" mempunyai 5 toko cabang yaitu 2 toko cabang di jalan AIP KS. Tubun dan 1 toko cabang di jalan Bhayangkara,serta 2 toko dijalan Laksada Adisucipto (jalan ke arah kota Solo). Toko-toko cabang ini biasanya mengambil bakpia dari pusat produksi dengan merek dagang 25.
Pada tahun-tahun pertama, perusahaan menggunakan oven dengan bahan bakar arang. Setelah usaha beliau semakin sukses menambah lagi jumlah oven dengan bahan bakar gas. Dalam usahanya bapak Arlen Sanjaya dibantu oleh beberapa karyawan pria dan wanita. Pegawai wanita yang biasanya bertugas sebagai pencetak bakpia dan pengemas, sedangkan pegawai pria biasanya bertugas sebagai pembuat adonan, pembuat isi / kumbu, pengoven serta pemasar ataupun mengirim bakpia ke sejumlah tempat.
2.1 Cara produksi Bakpia Pathuk 25
Proses Produk Bakpia Pathok "25" terdiri dari beberapa tahap. Semuanya memberikan rasa yang lebih untuk para pelanggan. Sekarang saatnya kami, Bakpia Pathok "25" membeberkan proses produksi kami!



Adapun langkah-langkahnya dibagi menjadi 7 langkah utama yaitu:
1.    Menjemur kacang hijau untuk menghilangkan kutu dan seleksi kacang. Memisahkan kacang dengan kulit kacang hijau.
2.    Dipecah menjadi 2 bagian dan dicuci bersih.
3.    Pengukusan.
4.    Digiling sampai lembut. Dimasak dalam mixer, dicampur dengan gula pasir secukupnya.
5.    Pembuatan kulit. Bahan yang digunakan adalah, tepung terigu, gula pasir, air, minyak goreng. Diaduk dalam mixer. Proses ini dinamakan proses rolling,  sampai kalis.
6.    Proses pemanggangan.
7.    Terakhir proses packing / pengemasan.

                                                1                                       2
               

                                    4                                                                                 3
               












                                    4                                                                 5
   


                                    6                                                       7
    



"Pendinginan bakpia di perusahaan ini dilakukan dengan meletakkan hasil pengovenan di atas tampah dan diletakkan di atas rak pendinginan bertingkat yang terbuat dari kayu. Rak pendinginan tersebut dibuat dlam keadaan terbuka serta tidak dilengkapi dengan penutup," lanjut Fitri. Tahap selanjutnya adalah pengemasan, distribusi dan pemasaran.
B. Pengawasan Mutu
Pengawasan mutu bahan baku dilakukan dengan cara penyimpanan pada kondisi yang sesuai untuk mempertahankan kualitas bahan baku.
Selain itu pihak perusahaan juga dapat memilih bahan baku yang baik untuk digunakan. Sedangkan untuk pengawasan mutu selama proses dilakukan pengontrolan setiap tahapan produksi terutama tentang keseragaman bentuk Bakpia.
"Pengawasan produk jadi dilakukan dengan cara sortasi terhadap bakpia yang tidak memenuhi syarat atau standart. Untuk sortasi ini biasanya dilakukan dengan melihat bakpia yang tidak gosong, kenampakan menarik dan tidak cacat atau pecah.
2.3 Mengetahui Apa Yang Dilakukan Bisnis Bakpia Pathuk 25 Dalam Menghadapi Bisnis Bakpia Pathuk Lainnya.
Perusahaan Bakpia Pathuk "25" terletak di jalan Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, desa Pathuk Yogyakarta. Lokasinya terletak di belakang Malioboro, sehingga memudahkan dalam pemasaran dan pengadaan bahan baku. Dengan lokasi yang sangat strategis, bakpia pathok 25 mengukuhkannya dengan membuat promosi keseluruh penjuru, tak terkecuali dengan menggunakan sarana internet.
Website, merupakan salah satu sarana promosi via internet yang paling tepat guna. Dengan website, diharapkan produk-produk bakpia pathuk 25 bisa dikenal lebih luas! Dunia akan tahu detail produk yang di miliki, bagaimana proses produksi, sejarah, toko-toko yang menjadi cabang serta masih banyak hal lain yang di sediakan oleh website. Dengan adanya website, Kami yakin, Bakpia Pathok 25 menjadi jauh lebih Kokoh! Dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya!
2.4 Cara Pemasaran Yang Dilakukan Bisnis Bakpia Pathuk 25
                  Dalam pemasarannya, pihak perusahaan Bakpia Pathuk "25" banyak bekerja sama dengan perusahaan Tour dan Travel, hotel hotel, sekolah sekolah dan perguruan tinggi. Perusahaan Bakpia Pathuk "25" itu sendiri dipimpin langsung oleh Bapak Arlen Sanjaya yang dalam hal ini dibagi antara bagian administrasi, pemasaran dan proses produk.
2.5 Yang Meyakinkan Bisnis Bakpia Pathuk 25 Ini, Sehingga Dapat Bertahan Lama Dan Masih Diminati Para Masarakat Maupun Para Pendatang Dari Luar Jogja.








2.6 sifat-sifat wirausaha yag dimiliki Bisnis Bakpia Pathok 25
No
Sifat-sifat wirausaha
Sifat-sifat wirausaha yang dimiliki pengusaha bakpia pathuk 25
Keterangan (penjelasan)
1
Percaya diri
Pengusaha bakpia pathuk 25 memiliki sifat percaya diri karena pengusaha bakpia pathuk25
2
Berorientasi pada tugas dan hasil
Pengusaha bakria pathuk berorentasi pada tugas dan hasil karena pengusaha ini sangat memperhatikan cara pembuatan sampe pada kualitas produk sendiri.
3
Pengambilan resiko
Pengambilan resiko diantaranya persaingan antara pengusaha bakpia pathuk lain demi mendapatkan pelmbeli dan mempertahankan kualitas dan pemasaran.
4
kepemimpinan

5
Keorisinilan

6
Berorientasi ke depan

7
kreativitas












2.7 ketrampilan wirausaha yang dimiliki pengusaha bakpia pathuk 25
No
ketrampilan wirausaha
Ketrampilan wirausaha yang dimiliki pengusaha bakpia pathuk
keterangan
1
Ketrampilan berpikir kreatif
Pengusaha bakpia pathuk ini memiliki ketrampilan dalamhal pengolahan produk berbagai macam,pemasaran lewat web dan berbagai iklan cetak.
2
Ketrampilan dalam pembuatan pembuatan keputusan

3
Ketrampilan dalam kepemimpinan






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar