Sabtu, 16 Juni 2012

DAMPAK PRESTASI OLAHRAGA TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA




BAHASA INDONESIA II : TULIS
(Dosen pengampu : Susilowati Endah PA.,SS,M. Hum)


USD


Disusun Oleh :

Hotdianto sinaga
(082214042)

PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS SANATA DHARMA

YOGYAKARTA

2010



DAMPAK PRESTASI OLAHRAGA TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA


1. PENDAHULUAN

            Latar Belakang

Di era globalisasi saat ini semakin banyak persaingan antar-Negara baik dari segi perekonomian maupun perindustrian. Dalam mempertahankan atau memperkuat pondasi perekonomian Negara tersebut mempunyai caranya masing – masing. Dalam makalah ini khusus membicarakan dampak prestasi olahraga terhadap perekonomian Indonesia.
Sampai saat ini telah diketahui bahwa olahraga belum memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap perekonomian Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai kendala – kendala baik dari masyarakat,lembaga-lembaga,seperti KONI maupun dari pemerintah yang belum begitu perhatian menangani masalah tersebut.
Dimakalah ini saya akan mencoba merumuskan berbagai masalah,tujuan dan mamfaat tentang dampak prestasi olahrga terhadap perekonomian Indonesia. Dan semoga dari data yang saya dapat dari wawancara maupun kerja kelompok yang pernah dilakukan di matakuliah bahasa Indonesia,bias meyempurnakan isi dari makalah ini.

            Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya :

a.       Apa dampak dan bagaimana perkembangan  prestasi olahraga terhadap perekonomian Indonesia ?
b.      Siapa yang bertanggung jawab terhadap olahraga di Indonesia baik dari segi prestasi maupun dari organisasi yang membina atlet – atlet?
c.       Bagaimana campur tangan pemerintah terhadap perkembangan olahraga sampai saat ini ?


            Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk :

a.       Mengetahui dampak dan perkembangan prestasi olahraga bagi perekonomian Indonesia.
b.      Mengetahui yan bertanggung jawab terhadap olahraga di Indonesia baik dari segi prestasi maupun dari organisasi yang membina atlet – atlet tersebut.
c.        Mengetahui sejauh mana olahraga harus ditingkatkan Mengetahui sejauh mana keterikatan pemerintah terhadap perkembangan olahraga di Indonesia sampai saat ini.




            Manfaat

Manfaat yang diperoleh dari hasil penelitian :

a.              Menambah pengetahuan dan wawasan mengenai dampak prestasi olahraga bagi perekonomian Indonesia.
b.              Mengetahui manfaat olahraga bagi perekonomian Indonesia tidak hanya sebagai mengolah tubuh agar sehat jasmani.
c.              Dari penulis sendiri memberikan manfaat sebagai kajian serta menambah pengetahuan dalam hal penelitian tentang dampak prestasi olahraga bagi perekonomian Indonesia.


            Landasan Teori

Landasan teorinya adalah :

a. Pemerintah

Pemerintah adalah peran utama dalam mengontrol dan mengawasi jalannya suatu lembaga – lembaga yang mengurusi semua kebutuhan para atlet. Pemerintah sebagai penopang berdirinya suato organisasi olahraga di Indonesia.

b. Lembaga – Lembaga Pemerintah

Lembaga – lembaga Pemerintah dalam hal ini yaitu KONI. KONI adalah lembaga yang secara langsung mengurus semua kebutuhan para atlet baik dari segi biaya transportasi, biaya kebutuhan, Bahkan KONI merupakan tolak ukur para atlet-atlet olahraga Indonesia menjadi superstar.

c. Atlet

Para atlet merupakan tumpuan bagi Negara Indonesia untuk mendapatkan prestasi di event – event internasional. Mereka memerlukan perhatian khusus baik dari pemerintah sendiri, begitu pun juga dari lembaga seperti KONI dan masyarakat Indonesia.

            Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode tersebut merupakan suatu metode penelitian yang meneliti status kelompok atau lembaga, objek, kondisi, pemikiran ataupun suatu peristiwa masa sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar