Sabtu, 16 Juni 2012

WIRAUSAHA JASA PEMOTONGAN RAMBUT REJEKI PAK BUDIHARSONO



WIRAUSAHA JASA PEMOTONGAN RAMBUT REJEKI PAK BUDIHARSONO
Maguwoharjo  Kradenan  Rt11/69 no 24 Depok Sleman Yogyakarta
PRAKTEK MANAJEMEN OPERASI
Sadhar.JPG


DISUSUN OLEH:
HOTDIANTO SINAGA (082214042)
ROSANGELA BOAVIDA(072214117)
UNIVERSITAS SANATA DHARMA
FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN
YOGYAKARTA
2011


WIRAUSAHA JASA POTONG RAMBUT REJEKI PAK BUDI


20062009118.jpg







Bab 1.  Gambaran Umum Perusahaan
ü  SEJARAH BERDIRINYA USAH POTONG RAMBUT BUDIHARSONO
Pak BUDIHARSONO seorang lulusan SMA pada tahun 2999,dia sangat gemar memotong rambut karena sering melihat orang sedang potong rambut. ehingga dengan kemampuan otodidak yang dia miliki semasa SMA. Dia sering diberi tawaran Teman memotong  rambut temannya. pada tahun 2005 dia menikah dengan Ibuk SAMINERSIH. Mereka bertempat tinggal di Yogyakarta,yaitu didaerah Maguwoharjo Kradenan Rt11/69 no 24. Sebelum menikah dulunya pak Toki bekerja Sebagai Kuli di toko bangunan yang berada di daerah maguwoharjo yaitu di pasar Stan.
Satu tahu semasa pernikahan mereka, pak BUDI masi bekerja sebagai kuli. Tetapi kebosanan dan upah yang kurang memadai, pak BUDI memikirkan Sebuah Usaha Yang dianggap Pak BUDI Memang Cocok di jalankan. Yaitu Jasa Pemotong Rambut. Dengan Bekal Kemampuan otodidak semasa SMA. Pak BUDI Memiliki Keyakinan Dan Percanya Bahwa Sesuatu yang dikerjakan dengan benar akan mendapat berkah sesuai harapan. Maka dengan Modal Rp 8000.000 yang berasal dari pinjaman Bank pak BUDI membuka usaha jasa Potong rambut dengan luas bangunan kontrakan 3 kali 5 meter, dengan biaya sewa pertahun sebesar Rp 4000.000. maka  Tagal 15 pebruari 2007 yang wirausahanya bernama POTONG RAMBUT REJEKI berdiri. Sekarang Telah Memiliki Karyawan 2 orang yaitu Mas SALIM dan Pak SUNARTO.
ü  PEMILIK,PENGELOLAAN,PENGURUS WIRAUSAHA POTONG RAMBUT PAK BUDI
      Wirausaha potong rambut sendiri dikelola pak BUDI sekaligus sebagai pegawai jasa pemotong rambut sendiri, ika pelangga ramai. Sistem kerja yang dilakukan oleh pak BUDI cukup sederhana,yaitu karyawan cukup melakukan pekerjaan sebagai pemotong rambut dan melayani konsumen secara baik dan selalu melaksanakan permintaan yang konsumen inginkan.
Mengenai pendapatan yang pak BuDi kelola cukup besar, karena dalam satu hari pelanggan yang datang untuk potong rambut kurang lebih sebanyak 25 orang.dengan harga per orangnya haya diminta sebesar Rp 5.000. maka penghasilan pak BUDI sehari sebesar Rp 125.000. Karyawan diberi upah perbulannya sebesar Rp 600.000. jam kerja mulai senin sampe saptu, dari jam 09:00pagi sampai jam20:00 malam. Karyawan yang dipekerjakan direkrut dengan memnggunakan iklan berupa lowongan pekerjaan sebagai jasa pemotong rambut, dengan criteria bisa melakukan pekerjaan potong rambut, fisik sehat,sehat jasmani dan rohani,jujur dan pekerja keras. Sebelum ditetapkan sebagai karyawan tetap pak BUDI mengadakan trening sebagai mana mestinya disebuah perusahaan besar. Prinsip yang dibuat pak BUDI ini berasal dari pengalaman semasa dia bekerja sebagai kuli. Dimana dia sebelum sebgai karyawan tetap terlebih dahuli trening selama satu bulan dengan gaji Rp 300.000. Dengan pengalaman itu juga pak BUDI membuat aturan dalam meng mengrekrut karyawan tetap.

ü  PRODUK AWAL DAN PENGEMBANGANNYA
Dengan Modal Rp 8000.000 pak BUDI sudah bias membeli perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka wirausaha jasa potong rambut. Dengan berbagai perlengkapan seperti. Cukur rambut listrik(havy king),gunting,cermin,sisir,singlet,bedak,sabun, dll. Sedangkan pasilitas ruangan berupa Kersi tunggu,kursi tempat konsumen yang akan dilayani, AC, dll. Wirausaha pak BUDI ini sampai sekarang pelanggan cukup banyak,tetapi pak BUDI tidak mempunyai rencana untuk membuka cabang. Tetapi dia ingin membuka Usaha baru untuk pekerjaan istrinya yaitu membuka warung bakso.
ü  VISI, MISI PEDOMAN DALAM MENJALANKAN WIRAUSAHA POTONG RAMBUT PAK BUDI
Visi, yang pak BUDI punya yaitu, HIDUP ADALAH PERJUANGAN YANG HARUS DITEMPUH DENGANG PERBUATAN. Sedangkan misinya yaitu, MEMBUAT BAHAGIA KELUARGA. Pak BUDI juga berpesan bahwa pengalaman adalah sebahagian dari kunci kesuksesan untuk masa depan. Dengan visi,misi yang pak BUDI punya dia merasa yakin dia akan tetap bahagia dengan apa yang dia punya.

Bab 2.    Pembahasan Manajemen Oprasioanal Perusahaan
ü  Uraian dan rangkaian pekerjaan besar dan kecil saat akan memulai usaha sampai sekarang serta rangkaian  kerja proses produksi/oprasional.
1.       PELAKSANAAN
2.       Mencari lokasi kontrakan berukuran 3 kali 5
3.       Membuat perijinan tempat wirausaha
4.       Mencari karyawan
5.       MEREKAP TEMPAT KONTRAKAN
6.       Membersihkan ruangan
7.       Membeli cet tembok
8.       Mengecet tembok
9.       Membeli cermin
10.   Membeli meja
11.   Membeli kursi
12.   Membeli lemari gantung tempat peralatan potong rambut
13.   Membeli sapu tangan
14.   Membeli kain pengaman saat pemotongan rambut
15.   Membeli peralatan potong rambut seperti, poster model potongan rambut, gunting,cukur listrik.singlet,sabun bedak,miyak rambut,sapu tangan,kain penutup,dan lain-lain
16.   Membeli AC
17.   Membeli TV
18.   Menempatkan cermin
19.   Menempatkan meja
20.   Menempatkan kursi
21.   Menempatkan lemari gantung
22.   Menempatkan AC
23.   Menempatka TV
24.   Memasukkan Peralatan Kelemari gantung yang telah disediakan


ü  Alasan masing-masing durasi waktu/kebutuhan setiap pekerjaan.

Pada umumnya masing-masing durasi tersebut telah sesui perencanaan daripada yang dilakukan pak BUDI untuk melakukan wirausaha potong rambut yang dia miliki. Dari pelaksanaan yang mana pak BUDI harus Mencari lokasi yang praktis dan akan banyak konsumen yang datang. Dan sebagai warga Negara yang baik, pak BUDI juga membuat surat perijinan membuat wirausaha, dan mencari tenaga kerja yang layak untuk dipekerjakan sebagai karyawan. Sedangkan perekapan tempat, pak BUDI meyesuaikan dan memperkirakan lokasi-lokasi mana saja yang akan ditata. Pak BUDI juga membeli apasaja yang akan diperlukan dalam jasa pemotongan rambut,mulai dari kursi,meja cukur listrik,gunting dal lain sebagainya. Itu semua demi memperlengkapi berjalannya wirausaha jasa pemotongan rambut yang dimiliki pak BUDI.
ü  Sumber daya(manusia, material,dll)
Dalam hal ini pak BUDI hanya mengandalkan sistem sumberdanya manusia saling percanya satu sama lain, dan saling memahami apa yang akan dikerjakan,pelanyanan yang baik terhadap konsumen. Sedangkan sumberdanya material pak BUDI hanya menganggarkan pendapatan sebagai upah karyawan dan sebagai biaya perlengkapan potong rambu,seperti mengganti alat-alat yang rusak. Dalam sistem jabatan pak BUDI tidak membuat sistem jabatan, hanya saling mengimformasikan kekurangan bagi karyawan yang lai. Pak BUDI juga sudah menganggap keluarga terhdap karyawan yang bekerja di tempat wirausaha yang pak BUDI buat. Mengenai kendala yang dihadapi pak BUDI sekarang, hanyalah sulitnya menyesuaikan permintaan konsumen karena perubahan jaman yang membuat konsumen sering berkeinginan potongan rambut yang cukup rumit. Untuk mengatasinya pak BUDI dan karyawan harus selalu belajar untuk mengetahui hal-hal yang baru.
Dalah penelitian dilapangan berupa UMKM yang di Ovservasi sangatlah banyak spesifikasinya. Terutama dimasa sekarang,bahwa masarakat sangat antosias dalam perubahan jaman dan lingkungan sekitar. Sehingga mereka memiliki peluang pekerjaan yang cukup memadai.



PENUTUP
Usaha potong rambut merupakan usaha jasa yang resikonya kecil tetapi hasilnya relatif tetap. Nilai yang didapat dari wirausaha jasa potong rambut pak BUDI yaitu, bahwa kesuksesan bukan hanya dari kita belajar. Tetapi kesuksesan berasaldari pengalaman dan kemampuan yang diberikan Tuhan yang tumbuh secara otodidak dan dapat dimamfaatkan disaat kemampuan itu berpeluang untuk mencapai kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar